Selasa, 04 September 2012

Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cara Yang Sederhana

Karang gigi atau kalkulus adalah suatu lapisan endapan keras seperti batu pada permukaan gigi, warnanya berkisar dari kuning muda sampai hitam. Lapisan ini terbentuk melalui proses kalsifikasi dari plak gigi. Endapan ini terutama terdiri atas kalsium fosfat, di samping kalsium karbonat, magnesium fosfat, air dan bahan-bahan ogranik. Secara kimiwai dan fisika, karang gigi sangat menyerupai sangat menyerupai jaringan dentin, sementum, email dan tulang Namun, tenang, ada beberapa tips sederhana namun ampuh untuk membasmi karang gigi agar mengembalikan penampilan gigi agar tetap menarik.


1. Gosok gigi
Bila Anda hanya menggosok gigi pagi dan siang hari, lalukan tambahan ‘ritual’ tersebut. Biasakan menggosok gigi setelah makan dengan pasti gigi yang khusus untuk mencegah plak.

2. Rajin minum air putih
Berkumur dengan air putih sesering mungkin bisa mencegah korotan menempel di gigi yang menjadi penyebab karang. Namun, ingat air bekas berkumur jangan ditelan.

3. Bersihkan dengan Benang Gigi
Jangan menggunakan tusuk gigi untuk membuang sisa-sisa makanan selepas makan siang di kantor. Biasakan membersihkan bekas sisa makanan dengan benang gigi yang dinilai lebih aman dan lebih ampuh ketimbang tusuk gigi dari kayu.

4. Berkumur dengan Dental Floss
Rajin kumur-kumur dengan cairan pembersih mulut/dental floss adalah cara lanjutan selain menyikat gigi.

5. Konsumsi buah dan sayur
Desserts atau makanan penutup seperti buah-buahan sangat bagus untuk menghilangkan plak yang menempel di gigi. Selain itu, rajin makan buah dan atau sayur yang kaya akan serat dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi.

Semoga Bermanfaat buat semuanya. ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar