Sabtu, 20 April 2013

Profil Roronoa Zoro


Nama Lengkap
Roronoa Zoro (ロロノア・ ゾロ)
 
Julukan
Pemburu Bajak Laut Zoro / Pirate Hunter Zoro.
 
Panggilan
Zoro , Marimo yang artinya rumput laut (Sanji)
 
Kelompok
Mugiwara Pirates (Bajak Laut Topi Jerami)
 
Jabatan
Wakil Kapten (Anggota Pertama), Pendekar Pedang
 
Tanggal Lahir
11 November
 
Umur
19 Tahun (Dulu), 21(Sekarang)
 
Tinggi
178 cm
 
Hobi
Olahraga Berat
 
Kekuatan
Menggunakan Pedang
 
Tipe Buah Setan
Tidak Ada
 
Cita - Cita
Pendekar Pedang Nomer 1 di Dunia
 
Harga Buruan
60.000.000 (Dulu), 120.000.000 (Sekarang)
 
Roronoa Zoro adalah anggota pertama dari Bajak Laut Topi Jerami, biasanya anggota pertama secara tidak langsung menjadi Wakil Kapten. Dia menciptakan gaya bertarung sendiri yaitu Santoryuu (3 pedang). Zoro dibesarkan di sebuah Dojo Desa Shimotsuki di East Blue.

-=Kepribadian dan Karakter=-
Roronoa Zoro memiliki karakter yang sangat keren dan tangguh, namun mempunyai yang lucu yaitu suka tersesat, tidur, dan juga berolahraga.
Zoro sangat menghormati Luffy karena keteguhan hatinya sebagai seorang Kapten. Zoro adalah teman terbaik Luffy dan yang paling mengerti Luffy (ketika peristiwa Usopp dan Aokiji) serta Robin adalah orang yang sama sekali tidak pernah mengejeknya ataupun memukulnya dan paling menghormatinya.

-=Kisah Awal=-
Zoro kecil adalah seorang murid dari Dojo milik ayah Kuina, Koushiro. Dojo ini berada di Desa Shimotsuki di East Blue. Zoro ketika masih kecil menggunakan dua pedang, dan sangat terlatih dia bahkan bisa mengalahkan orang dewasa. Satu-satunya orang yang tidak bisa dikalahkan Zoro adalah Kuina, anak gadis sang guru. Zoro dikalahkan Kuina sampai 2000 kali (Wikia), sampai pada akhirnya Zoro menantang Kuina untuk bertanding dengan pedang sungguhan. Zoro kemudian kalah lagi dan menangis. Setelah itu Kuina memberitahu Zoro kalau pada akhirnya wanita-lah yang akan lemah pada saat mereka menjadi dewasa, kelak dia akan dikalahkan Zoro. Kemudian Zoro kembali berkata pada Kuina kalau dia tidak boleh bicara seperti itu dan berjanji agar terus bertanding sampai siapa diantara mereka berdua yang menjadi pendekar pedang terkuat.
Esok paginya, Kuina meninggal karena jatuh dari tangga rumahnya. Zoro marah dan menganggap kalau Kuina ingin ingkari perjanjian tersebut. Pada akhirnya Zoro menangis sambil meminta pedang milik Kuina dan berjanji untuk meneruskan cita-citanya. Pedang milik Kuina adalah yang ada di mulutnya, Wadou Ichimonji, termasuk 21 pedang tertajam di dunia.


-=Senjata=-
Zoro adalah pendekar pedang, karena itu bagi Zoro pedang adalah harta karunnya, harta yang tidak ternilai. Pedang-pedang yang dipakai Zoro adalah sebagai berikut :

  • Wadou Ichimonji (berasal dari Kuina)
  • Sandai Kitetsu (berasal dari Ippon-Matsu)
  • O-Wazamono Shuushui (berasal dari samurai Ryuuma)

Pedang lain yang pernah dipakai Zoro :

  • Yubashiri (dikaratkan oleh Shuu)
  • Katana 2x ( dihancurkan oleh Mihawk )
  • Pedang Yosaku dan Johhny ( dikembalikan )



Zoro pernah bertarung dengan Mihawk (Pendekar Pedang Nomer 1 di dunia One Piece) dan dikalahkan olehnya. Lalu Mihawk pernah berkata pada Zoro :
''Terlalu cepat untuk mati disini. Namaku adalah Dracule Mihawk! Temukanlah kekuatan sejatimu, didunia yang sesungguhnya dan jadilah kuat. Berapa lamapun kau mencapainya, aku akan menunggu di tingkat teratas, Melampaui pedang ini! Melampauiku! Roronoa Zoro!!!''

-=Bounty (Harga Buronan)=-
Awalnya Zoro masuk daftar buruan dengan harga 60 juta Berry karena telah mengalahkan Dazz Bones si pembunuh besar dan 100 orang pemburu hadiah di pulau kaktus Whiskey Peak.  Setelah kejadian di Enies Lobby nilai buruan Zoro meningkat drastis menjadi 120 juta Berry.


-=Jurus-jurus Roronoa Zoro=-

Roronoa Zoro adalah pendekar pedang dengan gaya unik 3 pedang (Santouryuu). Sebagai "First Hand"nya Monkey D. Luffy, dan juga sebagai divisi tempur Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, Zoro sudah sarat pengalaman bertarung. terhitung dia telah bertarung dengan orang-orang kuat seperti Juraquille Mihawk, Mr. 1 Dazz Bone, Kaku CP9, dan terakhir dia melawan Bartholemew Kuma.

Jurus yang dimilikinya sangat beragam, secara sederhana jurus Zoro dimulai dari kuda-kuda, baru gerakan menyerang. Oh ya, camkan satu hal saja, “EICHIRO ODA TIDAK PERNAH NGASAL DALAM KOMIKNYA”. Berikut macam-macam jurus tersebut :

1. Ittouryuu (Teknik 1 Pedang)
Sangat jarang digunakan karena pada dasarnya Zoro pendekar 3 pedang, tapi jurus-jurus 1 pedang sangat luar biasa.
>Iai (Teknik Melukis) Shisi Sonson (Lagu Singa), jurus pemotong besi! Ditemukan Zoro setelah pertarungan hidup mati dengan Mr 1 Dass Bone. Setelah itu dia menjadi pendekar pedang yang bisa memotong besi. 1 jurus ini di lain kesempatan sangat berguna bagi Kelompok Topi Jerami. Jurus dimulai dengan kata “IAI” dimulai dan diakhiri dengan pedang di dalam sarung. 

>Hiryuu (Naga) Kaen (Api), jurus ini digunakan sewaktu melawan Samurai Ryuuma di Thriller Bark. Lagi-lagi jurus satu pedang yang luar biasa. Karena tebasannya meningalkan api di luka hasil tebasan.
2.Nitouryuu (Teknik 2 Pedang)
Banyak terdapat jurus dua pedang yang pernah Zoro gunakan dalam bertarung. 
>Iai (Teknik Melukis) Rashomon (Rashomon=Nama Sebuah Gerbang di Kyoto Dahulu Kala yang Runtuh), jurus ini membelah gerbong kereta api Puffing Tom yang terpisah. Sangat dahsyat. Seperti kukatakan di atas, jurus dimulai dengan kata “IAI” dimulai dan diakhiri dengan pedang di dalam sarung. ?
>Taka (Elang) Nami(Gelombang), jurus sampingan ini lumayan sering Zoro gunakan.
>Sai (Badak) Kuru (Serbuan), digunakan saat melawan keluarga Franky (di elex terjadi mistranslation, Sai Kuru menjadi Cycle (-__-) karena Sai=Cy dan Kuru=Cle.
>3 Jenis Serangan berawal “NIGIRI”
- Nigiri (Dua Tebasan) Hirameki (Kilatan), sangat sering digunakan dalam pertarungan. Jurus sabetan horizontal.
- Nigiri (Dua Tebasan) Otoro (Mendaki Menara), jurus sabetanvertical, dipakai melawan Kaku yang memiliki leher panjang.
- Nigiri (Dua Tebasan) Samon (Patung Pasir), jurus sabetan diagonal.
- Nigiri (Dua Tebasan) Hirameki (Kilatan) Maguma (Iblis Beruang), jurus Nigiri Hirameki (sabetan mendatar) ditambah tekanan langsung ke Musuh.

Note : Nama ketiga jurus ini akhirnya diketahui berasal dari Sushi. ? hahahaha….
-Nigiri = Nigiri Sushi (Sushi Gulung)
-Toro = Ikan Tuna
-Otoro = Ikan Tuna Berlemak
-Samon = Ikan Salmon
-Hirameki = Ikan Hirame
Kalian akan menemukan semua Jurus yang memiliki Kata “GIRI” merupakan plesetan dari macam-macam Sushi atau Onigiri.

3.Santouryuu (Teknik 3 Pedang)
Banyak jurus luar biasa, karena pada dasarnya inilah gaya bertarung Zoro. Jurus ini biasanya diawali dengan nama sebuah binatang, antara lain:  
>Santoryuu Ougi: San-Zen-Se-Kai (Seluk Beluk Rahasia Tiga Pedang: 3000 Dunia) Zoro memegang pedang dan menyatukan keduanya lalu memutarkannya dengan cepat. Zoro kemudian menyerbu musuh dalam posisi tersebut.

>Santouryuu OGI - Rokudou no Tsuji (6 Jalan Persimpangan)

>Tatsu (Naga) Maki (Putaran Angin), Jurus pamungkas melawan Hatchan
>Tora (Harimau) Gari (Pemburu)

>Tourou (Serigala) Nagashi (Darah), gerakan mulus menghindari serangan acak lawan. Pertama digunakan melawan serangan 6 pedang Hatchan, kedua digunakan melawan jurus “Hundred Open Hands Pressure Canon” Kuma yang datang beruntun.
>Nigori (Dua Gorila) Zake (Tikaman Kekuatan), serangan berkekuatan karena Zoro membesarkan otot kedua tangannya terlebih dahulu.

>Hyo (Macam Kumbang) Kin (harpa) Dama (Bola). 

>Gazami (Kepiting) Dori (Capit)
>Ushi (Sapi) Bari (Serudukan)

>Gyuki (Sapi Iblis) Yuuzume (Cakar Maut)

>Karasuma (Gagak) Gari (Pemburu)

- Yasha (Gagak) Garasu (Iblis)

Sebagai pendekar pedang yang komplit, Roronoa tidak hanya ahli dalam serangan jarak dekat, dia memiliki jurus serangan jarak jauh pedang yang membelah udara!! Terlihat pertama kali saat melawan Braham di Upper Yard.

- 36 Pound Cannon (edit: jurus ini termasuk Itouryuu)

- 72 Pound Cannon

- 108 Pound Cannon


Seperti teknik 2 pedang Nigiri Samon, pada teknik 3 pedang juga ada nama jurus yang diambil dari nama patung budha atau berhubungan dengan Iblis yaitu :

- Daibutsugiri (Daibutsu = nama salah satu patung Budha)

- Oni Giri (Tebasan Iblis)

- Yaki Oni Giri (Tebasan Iblis Api)

- Enbima Yonezu Onigiri (Tebasan Iblis Cantik Malam Tanpa Tidur)

Cat : tentu jurus Onigiri diambil dari nama jenis makanan Jepang ”Onigiri”. ? hahaha.
Seperti kukatakan sebelumnya, jurus dengan kata “GIRI” berhubungan dengan makanan.
“Enbima Yonezu Onigiri” plesetan dari “Ebi Mayonnaise Onigiri".

4.Kyuutouryuu (Teknik Ilusi 9 Pedang)
Image-nya diambil dari Dewa Perang Ashura yang memiliki 3 tangan.Jurus ini masih misteri. Daya rusaknya sangat luar biasa. Baru ada dua jurus di teknik ini. 
>Ashura Ichibugin (Kabut Perak) = digunakan saat melawan Kaku CP9, satu serangan jurus ini langsung mengakhiri perlawanan Kaku. 
 
>Ashura Makyuusen (Sembilan Cahaya Iblis) = Digunakan saat menghadapi PX-4, salah satu dari rentetan serangan penghancur Kelompok Topi jerami.


5.Myutouryuu (Teknik Tanpa Pedang)
Sebenarnya ini terjadi karena peraturan Groggy Ring yang tidak memperbolehkan pemainnya membawa pedang.
 >Tatsu (Naga) Maki (Putaran Angin), sebenarnya sama dengan Tatsu Maki dengan 3 pedang

6.KESIMPULAN
Nama-Nama Jurus Zorro bisa kita golongkan jadi
1.Nama yang menggunakan nama Hewan.
Contoh : Tora Gari, Tatsu Maki, Hyo Kin Dama, dll

2.Nama yang menggunakan kata “GIRI” untuk plesetan dari makanan.
Contoh : Nigiri Hirameki, Onigiri, Daibutsugiri dll

3.Nama yang menggunakan awalan “IAI” untuk serangan diawali dan diakhiri dengan pedang disarung.
Contoh : IAI Shishi Sonson, IAI Rashomon

4.Nama yang menggunakan awalan “ASURA” untuk teknik ilusi 9 Pedang.
Contoh : ASURA Ichibugin, ASURA Makyuusen.

5.Nama khusus untuk Jurus Rahasia (OGI).
Contoh : San Zen Se Kai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar